alat komunikasi

Sejarah Alat Komunikasi Handphone

Alat komunikasi seperti telepon selular atau yang sering disebut ponsel atau handphone ini merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan yang sama seperti alat telepon konvensional saluran tetap, handphone dapat dibawa kemana dan tidak perlu ada sambungan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Dan saat ini di Indonesia telah memiliki dua jaringan telepon nirkabel yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access), untuk yang mengelola telekomunikasi di Indonesia adalah ATSI (Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia).

Handphone selain digunakan sebagai untuk melakukan dan menerima panggilan telepon namun juga mempunyai fungsi lain seperti pengiriman dan penerimaan pesan singkat (sms). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G).

Sejarah Handphone

Pasti kalian semua penasaran siapa seh yang menemukan handphone sebagai alat komunikasi pertama kali di dunia, seorang bernama Martin Cooper adalah penemu dari sistem telepon genggam. Martin Cooper merukan karyawan perusahaan Motorola 03 April 1973, dan penemuannya itu dibantu oleh beberapa tim divisi Motorola tempat dirinya bekerja dan model pertama kali dibuat adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel, saat proses pembuatannya Cooper dan tim nya mengalami banyak tantangan dari semua material elektronik kedalam alat yang berukuran kecil. Dan akhirnya telepon genggam yang pertama kali dibuat selesai dibuat dan memiliki berat dua kilogram.

Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia alat komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.

Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat. Peranan ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan Primer Sehari-hari, berikut kategori ponsel berdasarkan Fungsi :

  1. Ponsel Bisnis Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar “smartphone”. Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.
  2. Ponsel Hiburan Ponsel Jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki varian nya tersendiri, seperti Ponsel Musik, Ponsel Kamera, dan Ponsel Internet Sosial.
  3. Ponsel Fashion Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan “seadanya”. Tetapi dibalik itu semua, sebuah Ponsel Fashion dapat berharga berkali kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah.
  4. Ponsel Standar Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *